NAMA : RISTI NINDI RIANITA
NIM : 202300131
KELAS : AKUNTANSI 2
SOAL 1
NAMA : RISTI NINDI RIANITA
NIM : 202300131
KELAS : AKUNTANSI 2 2020
1.Carilah perusahaan yang menurut kalian menganut orientasi pemasaran holistik.Jelaskan bagaimana implementasi setiap komponen pemasaran holistik di dalam perusahaan tersebut !
JAWABAN :
Contoh nya Aqua yang mendonasikan Rp 10 untuk setiap 1 liter produk mereka yang terjual, di mana dana donasi diberikan kepada desa yang kesulitan mendapatkan air bersih.
Komponen pemasaran holistik dalam perusahaan Aqua yaitu :
➢ Relationship Marketing (Hubungan Pemasaran)
Mengembangkan hubungan jangka panjang dan juga mendalam yang saling memuaskan dengan para konstituen utama agar bisa memperoleh dan mempertahankan perusahaan Aqua
➢ Integrated marketing (pemasaran terintegrasi)
perusahaan Aqua membuat suatu kegiatan dan menyusun program pemasaran untuk bisa diciptakan, berkomunikasi dan juga memberikan nilai untuk konsumennya sehingga menjadi lebih besar dan juga lebih menarik
➢ Internal marketing ( pemasaran internal)
perusahaan melatih, merekrut, dan memberikan motivasi agar setiap karyawan mampu memberikan pelayanan yang baik dengan konsumennya karena sumber daya yang kompeten adalah aset perusahaan yang sangat berharga
➢ Performance marketing (kinerja pemasaran)
Perusahaan memeriksa scorecard pemasaran dan menyimpulkan apa yang
sebenarnya sedang terjadi.
SOAL 2
Carilah sebuah brand yang menurut kalian kurang berhasil dari segi pemasaran, kemudian jelaskan kekurangan mereka dilihat dari segi integrasi pemasarannya !
JAWABAN :
Contohnya nokia karena Nokia tidak memahami konsep perangkat lunak dan terus berfokus pada perangkat keras karena manajemennya takut untuk mengasingkan pengguna yang telah memakai produk mereka saat ini terlebih lagi jika mereka berubah terlalu banyak.Kesalahan Nokia adalah fakta bahwa mereka tidak ingin memimpin perubahan drastis dalam pengalaman pengguna. Hal ini menyebabkan Nokia mengembangkan kekacauan sistem operasi dengan pengalaman pengguna yang buruk yang tidak cocok di pasaran.
SOAL 3
Lakukan langkah-langkah Analisis Nilai terhadap produk sepeda motor untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pemasar dibandingkan para kompetitor
JAWABAN
Analisis produk sepeda motor Yamaha
➢ Kekuatan yaitu seperti sparepart asli dan bermutu, luas bengkel bisa mengerjakan sampai 7 motor sekaligus dalam 17 jam operasi, tarif bengkel maupun pembelian motor secara kredit bersaing, garansi yang lebih lama dan perawatan service gratis secara berkala, mutasi yang baik dalam pelayanan bengkel maupun kecepatan mengirim pesanan motor.
➢ Kelemahan yaitu seperti pendidikan karyawan yang minim, fasilitas untuk konsumen menunggu tidak ada AC dan makanan ringan, sarana/prasarana kebersihan dan sarana pengelolaan limbah tidak memadai, SDM yang berpendidikan teknisi kurang, struktur organisasi tidak sesuai dengan kebutuhan dan tidak adanya bidang khusus untuk inovasi.
➢ Peluang yaitu kecenderungan masyarakat untuk memodif dan meningkatkan performa kendaraan bermotor, pemuda yang cinta akan kendaraan bermotor, pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat.
➢ Ancaman yaitu seperti berdirinya dealer resmi pesaing, pesaing tarif bengkel, munculnya isu spare part palsu dan spare part rekondisi dengan kualitas sangat rendah, daerah yang telah terlalu banyak berdiri bengkel atau bengkel pinggir jalan.
SOAL 4
Jelaskan pendapat anda terkait proses keputusan yang dilakukan oleh konsumen
dalam hal pembelian produk.
JAWABAN :
Proses keputusan pembelian merupakan proses dimana konsumen melewati lima tahap, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian, yang dimulai jauh sebelum pembelian aktual dilakukan dan memiliki dampak yang lama setelah itu.
TAHUN AKADEMIK 2021/2022 GENAP
UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA
Jl.Brawijaya No. 99 Tamantirto Yogyakarta Telp.0274 4342288
Prodi/Semester:Akuntansi / IV
Mata Kuliah: Manajemen Pemasaran
Hari, Tanggal: Senin, 11 April 2022
Dosen: Asri Dwi Ariyani, S.E.,M.Sc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar