NAMA : RISTI NINDI RIANITA
NIM : 202300131
KELAS : AKUNTANSI 2
UTS PERILAKU ORGANISASI
1. ariganisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Untuk menjalankan sebuah organisasi, diperlukan manajemen di dalamnya. Jelaskan dengan detail, apa keterkaitan lain antara organisasi dengan manajemen.
Jawab : keterkaitan lain antara organisasi dengan manajemen yaitu hubungan timbal balik antara organisasi dengan manajemen yang sangat erat karena manajemen adalah suatu proses untuk mencapai sebuah tujuan melalui kerja sama antara individu atau kelompok atau dua orang atau lebih sedangkan organisasi adalah sebagai wadah yang dibentuk oleh beberapa orang atau sekelompok orang untuk mencapai sebuah tujuan dari kelompok tersebut.
2. Organisasi yang baik dan bertanggungjawab merupakan organisasi yang ingin memelihara kesinambungan bisnisnya dalam jangka panjang. Sejak awal berdiri, organisasi harus sudah memikirkan segala rancangan untuk keberlangsungannya dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan perusahaan. Apa maksud dari ketiga hal tersebut? Dan mengapa ke tiga hal tersebut harus ada dalam setiap organisasi?
Jawab :
Visi merupakan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah keinginan sekelompok orang atau secara pribadi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.
Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat seperti langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arahan sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.
Tujuan perusahaan itu merupakan untuk berdirinya suatu perusahaan untuk memperoleh laba atau keuntungan demi kesuksesan perusahaan yang dibangun. Terutama manfaat potensi yang dimiliki perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan modal kerja.
dan mengapa ketiga hal tersebut harus ada dalam setiap organisasi yaitu karena visi misi dan tujuan adalah proses dimana organisasi tersebut akan dimulai untuk mencapai kesuksesan atau tujuan organisasi yang ingin dicapai. Serta menjadi langkah yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan yang dapat digunakan untuk membentuk budaya organisasi dan lebih berfokus pada posisi perusahaan serta langkah taktis yang ingin digunakan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
3. Agar suatu organisasi atau perusahaan tersebut dapat menjalankan kegiatannya dengan efektif dan efisien, semua bagian atau divisi dalam organisasi atau perusahaan tersebut haruslah bisa berjalan sesuai dengan fungsinya dan saling mendukung antara bagain yang satu dengan bagian yang lain. Hal tersebut akan dapat terjadi jika ada koordinasi. Apa yang dimaksud dengan koordinasi? Mengapa di dalam organisasi membutuhkan sebuah koordinasi?
Jawab : koordinasi adalah tali pengikat dalam organisasi yang menghubungkan peran sebagai aktor atau orang yang bertanggung jawab atas pergerakan organisasi ke arah tujuan bersama yang ingin dicapai bersama.
Dan mengapa dalam organisasi membutuhkan sebuah koordinasi yaitu di dalam organisasi terdapat berbagai bidang dan di dalam bidang tersebut memiliki masing-masing koordinasi yaitu untuk mengarahkan atau menggerakkan individu untuk menjalankan tugasnya dalam mencapai tujuan organisasi agar tujuan yang disepakati bersama dapat terwujud kan.
4. Bagaimana sikap kepemimpinan yang seharusnya di implementasikan oleh pimpinan perusahaan dalam mempimpin demi tercapainya tujuan perusahaan yang lebih efektif dan efisien?
Jawab : yaitu sikap yang memengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain atau karyawan (bawahan) untuk berkontribusi terhadap kesuksesan dan efektivitas suatu organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Ada 4 jenis kepemimpinan yang paling sering diterapkan yaitu:
1. Kepemimpinan demokratis merupakan suatu jenis kepemimpinan di mana seorang pemimpin mendelegasikan otoritasnya dan mengajak para pengikutnya untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.
2. Kepemimpinan otokratis yaitu suatu gaya kepemimpinan di mana seorang pemimpin memiliki kekuasaan absolut dan tanggung jawab penuh dalam memimpin timnya.
3. Kepemimpinan afiliatif yaitu jenis kepemimpinan di mana seorang pemimpin memberikan saran-saran yang efektif dan mendorong anggota timnya untuk lebih aktif dalam memberikan ide dan pendapat
4. Kepemimpinan visioner yaitu jenis kepemimpinan di mana pemimpin menginspirasi dan memotivasi para anggota timnya berpegang teguh pada visi yang ditetapkan dan mendorong anggotanya untuk menjalankan tugas-tugas sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai bersama.
5.Apa yang dimaksud dengan pendekatan sistem? Mengapa di dalam organisasi membutuhkan pendekatan sistem?
Jawab : pendekatan sistem adalah upaya untuk melakukan pemecahan masalah yang di lakukan dengan melihat masalah yang ada secara menyeluruh dan melakukan analisis secara sistem.
Pendekatan sistem dibutuhkan dalam organisasi apabila kita menghadapi suatu Maslah yang kompleks sehingga memerlukan analisa terhadap permasalahan tadi untuk memahami hubungan bagian dengan bagianlain dalam Maslah tersebut serta kaitannya antara masalah tersebut dengan masalah lain.
Referensi
https://bbs.binus.ac.id/management/2018/06/4-gaya-kepemimpinan-yang-efektif-dalam-perusahaan/
https://www.kompasiana.com/nur_maya/fungsi-koordinasi-dalam-sebuah-organisasi_551f984b813311f0379df203
https://m.liputan6.com/lifestyle/read/3865740/perbedaan-visi-dan-misi-yang-perlu-kamu-ketahui-biar-nggak-keliru-jika-ditanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar