Minggu, 10 Juli 2022

UAS Manajemen Pemasaran akuntansi 2

UNIVERSITAS ALMA ATA  

Nama : Risti Nindi Rianita

Nim : 202300131

Matkul : Manajemen Pemasaran


Ekuitas merk

A.Pengertian Merk

Merk adalah sebagai sebuah nama, istilah,tanda simbol,desain atau kombinasi yang berfungsi untuk mengidentifikasi barang-barang atau jasa-jasa dari satu penjual atau kumpulan penjual dan untuk membedakan mereka dari para pesaingnya.

  • Ekuitas Merk (brand Equity) yaitu nilai tambah yang diberikan kepada produk atau jasa yang direfleksikan dengan cara berpikir atau perasaan konsumen, menghormati brand,harga,pangsa pasar,serta tingkat keuntungan yang diberikan brand.
  • Unsur Utama dalam Brand Equity yaitu pertama differential effect dimana brand Equity muncul dan tercipta dari keberagaman respon konsumen,kedua brand knowledge dimana perbedaan respon konsumen merupakan hasil pengetahuan yang dimiliki konsumen tentang produk.,ketiga consumer responden to marketing dimana perbedaan respon konsumen yang menciptakan bran Equity tercermin pada persepsi,pilihan,dan perilakunkonsumen. 


B.Peran Merk Bagi Perusahaan

  • Menyederhanakan penanganan atau pelacakan produk
  • Membantu dalam inventory produk dan pencatatan akuntansi
  • Perlindungan hukum bagi perusahaan terhadap fitur-fitur atau aspek-aspek yang unik
  • Menciptakan loyalitas pelanggan

C.Penggerak Ekuitas Merk
  • Pilihan awal untuk elemen atau identitas merek yang membentuk merek
  • Produk dan jasa serta semua kegiatan pemasaran atau program pemasaran pendukung yang menyertainya
  • Menghubungkan merk itu dengan beberapa entitas lain
D.Mengukur Ekuitas Merk
Ada dua pendekatan untuk mengukur ekuitas merek yaitu : 
  • Pendekatan tidak langsung yaitu menilai sumber ekuitas merek yang potensial dengan mengidentifikasi atau melacak pengetahuan merek konsumen
  • Pendekatan langsung yaitu menilai dampak aktual pengetahuan merek terhadap respon konsumen pada berbagai aspek pemasaran
E.Portofolio merk
Portofolio merek adalah kumpulan merek kecil yang berada di bawah payung merek yang lebih besar, portofolio merek memiliki 4 peran yaitu :
  • Penyerang merupakan merek yang dikeluarkan suatu perusahaan dalam suatu kategori produk yang sudah memiliki merek yang sudah ada
  • Cash Cow merupakan beberapa merek mungkin dipertahankan keberadaannya meskipun penjualan mengecil karena merek-merek tersebut masih mampu mempertahankan cukup pelanggan Dan profitabilitas
  • Low and entry level merupakan peran merek yang berharga relatif murah dalam portofolio merek sering bisa menarik pelanggan
  • High and prestige merupakan merek yang berharga relatif tinggi dalam keluarga merek adalah menambah gengsi dan kredibilitas kepada keseluruhan portofolio


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN MINGGU KE-5 KKN-T UNIVERSITAS ALMA ATA KEL.17

  UNIVERSITAS ALMA ATA Pada minggu ke-5 dari tanggal 30 agustus-8 september 2023. kami di dusun kawiran ada berbagai kegiatan dari yang ruti...